[REVIEW] FILM MR. ZOO : KISAH APIK KERJASAMA HEWAN DAN MANUSIA

sumber: www.imdb.com

Mr. Zoo: The Missing VIP menceritakan tentang Joo Tae Joo yang merupakan anggota terbaik di NIS. Joo Tae Joo mengharapkan kenaikan pangkat sehingga ia rela melakukan apapun juga. Salah satunya adalah untuk mengawal VIP dari China yaitu seekor panda. Padahal Joo Tae Joo sangat membenci hewan, namun ia rela melakukan hal ini. Namun tidak sesuai yang diharapkan, Tae Joo malah kehilangan VIP nya ini dan terancam di pecat dari pekerjaannya.

Pada hari penculikan VIP nya, Tae Joo sempat mengalami kecelakaan ringan. Tapi, kecelakaan ini malah menyebabkan ia bisa berbicara dan mengerti perkataan hewan-hewan. Akhirnya, Tae Joo bertekat untuk menemukan VIP ini bersama dengan anjing militer bernama Ali.

Film ini dibintangi oleh Lee Sung Min, Kim Seo Hyun, Kal So Won, Bae Jeong Nam dan masih banyak artis-artis lain yang meramaikan film ini. Berikut review dari film ini.

"Dr.Dolittle" versi Korea


Masih ingat kan tentang kisah Dr.Dolittle dari Hollywood? Ia adalah karakter film yang dibuat mampu mengerti dan berbicara dengan hewan. Apalagi awal tahun 2020 ini remake dari film Dr.Dolittle baru saja dibuat dan dibintangi oleh Robert Downey Jr.

Tidak berbeda jauh dengan Dr.Dolittle, di film ini Tae Joo juga bisa berbicara dengan hewan. Hanya saja Tae Joo tidak mendapatkan kemampuan ini sejak kecil seperti Dr.Dolittle, ia mendapatkannya secara tiba-tiba saja ketika ia mengalami kecelakaan ringan dan begitu sadar ia mampu mengerti pembicaraan hewan-hewan yang ada disekitarnya. Tidak dijelaskan secara detil memang kenapa hal ini bisa terjadi pada Tae Joo tapi kemungkinan ini berasal dari "kutukan" dari kucing yang ia buang ke tempat sampah.

Cerita penuh humor mengundang tawa


Film ini memang mengusung tema komedi sehingga bukan hal yang aneh jika sebagian besar ceritanya akan memberikan tawa bagi penonton. Sebagian besar unsur komedi yang diberikan berasal dari Tae Joo ketika bekerja sama dengan Ali, anjing militer, ketika mereka ingin mencari tau penculik dari Ming Ming. 

Tidak hanya dengan Ali dan Ming Ming, ada beberapa hewan lain yang juga ikut campur dalam permasalahan ini membuat situasi menjadi semakin lucu. Apalagi Tae Joo yang memang takut dengan hewan pada awalnya, semua perlakuannya menjadi lucu ditambah lagi ketika pertama kali ia bisa mendengarkan hewan bicara, bagaimana stressnya Tae Joo yang harus mendengarkan segala ocehan hewan-hewan yang minta bantuannya.

Rekan kerja Tae Joo, Man Sik, juga selalu bertingkah unik dan lucu sehingga tak jarang pula aksi-aksi komedi banyak muncul akibat kerjasama keduanya yang unik.

Kerjasama manusia dan hewan yang apik


Demi menyelamatkan Ming Ming, kita akan bisa melihat perjuangan Tae Joo bersama Ali dalam mencari musuhnya. Tidak langsung berhasil menemukan penjahatnya, Tae Joo dan Ali juga sempat diuji kekompakannya ketika info yang mereka dapatkan salah dan malah menangkap orang yang salah sehingga memperparah karir dari Tae Joo yang sudah terancam dipecat ini.

Namun, jalan cerita semakin mengharukan ketika Tae Joo berusaha mati-matian untuk membuat Ali sadar dari pengaruh obat yang diberikan padanya apalagi ketika Tae Joo rela mengorbankan nyawanya untuk Ali. Siapa yang menyangka, orang yang membenci hewan seperti Tae Joo bisa berubah drastis karena kasus ini.

Mengangkat hubungan anak dan ayah yang renggang


Seo Yeon merupakan anak Tae Joo namun tidak tinggal serumah. Sejak istrinya meninggal, Tae Joo dan Seo Yeon semakin menjauh. Seo Yeon yang menyukai hewan dan Tae Joo yang membencinya semakin memperburuk hubungan mereka berdua. Melalui Ali dan kemampuan Tae Joo mendengarkan hewan, ia mulai memperbaiki hubungan mereka yang renggang.

Tae Joo belajar bagaimana cara membuat anaknya tersenyum dan belajar untuk peduli dengan anaknya dengan cara mengetahui apa yang dibutuhkan Seo Yeon sehingga ia bisa menjadi lebih dekat dengan Seo Yeon. Pada film ini kita akan melihat juga sepenggal keinginan ayah yang ingin dekat dengan anaknya namun tidak tau bagaimana cara yang tepat.

Pesan untuk peduli dengan hewan


Melalui karakter Tae Joo kita diajarkan untuk peduli dengan hewan apapun. Tae Joo yang sangat membenci hewan hingga pernah membuang seekor kucing ke kotak sampah. Akhirnya menerima karmanya dengan ia mampu mendengar dan berbicara dengan hewan-hewan. 

Meskipun tidak akan ada karma seperti yang didapatkan Tae Joo, tapi dalam kehidupan nyata kita juga harus bisa menyayangi hewan apapun. Sesama makhluk hidup tentu kita juga harus bisa saling menjaga. Meskipun kita tidak bisa mengadopsi atau mengurus hewan tersebut, minimal dengan tidak mengganggu dan menyiksa hewan tersebut sudah lebih dari cukup yang bisa kita lakukan.

Film ini sangat ringan dan penuh dengan komedi. Sangat cocok untuk ditonton bersama dengan keluarga besar, bersama anak-anak pun sangat cocok karena bisa memberikan mereka pelajaran untuk lebih peduli dengan hewan. Aku beri film ini rating 3/5!


Post a Comment

0 Comments