[BOOK] APA MENURUTKU TENTANG SELURUH SERIES DARI RICK RIORDAN?

Postingan ini dibuat setelah aku selesai membaca hampir keseluruhan series yang dibuat oleh Rick Riordan. Kalo kalian belum tau Rick Riordan ini siapa, apakah kalian tau Percy Jackson? Sudah ada 2 film yang dibuat berdasarkan buku novel Rick Riordan dengan pemain Logan Lerman dan Alexandra Daddario. Masih belum tau juga? Kepo dulu deh seenggaknya dari filmnya dulu.

Pada buku-bukunya Rick Riordan ini terdapat beberapa mitologi yang aku ikuti yaitu:
1. Mitologi Yunani (Percy Jackson)
2. Mitologi Romawi (Jason)
3. Mitologi Mesir (Kane Bersaudara)

Seluruh koleksi buku karangan Rick Riordan (pinterest.com)
Buku seriesnya sendiri juga sama dengan mitologi tersebut tapi ditambah lagi buku yang khusus menceritakan tentang Apollo dan Kaisar Romawi. Untuk mitologi Yunani dan Romawi, Rick Riordan selalu menggabungkannya menjadi satu cerita. Saat series Heroes of Olympus keluar, munculnya mitologi baru, yaitu Romawi, tetap akan bergabung dengan mitologi Yunani padahal kukira akan sama seperti mitologi Mesir dan Nordik yang dibuat khusus. Kemungkinan hal ini terjadi karena dewa dewi pada mitologi Yunani dan Romawi itu sama. Dan sepertinya juga ada buku baru berjudul Aru Shah yang aku belum baca jadi tidak tau membawa mitologi mana lagi buku ini.


Mitologi Yunani dan Romawi memiliki dewa yang sama tapi memiliki kepribadian yang berbeda. Oke, pasti kalian bingung kan? Karena aku juga bingung pada awalnya. Misalkan Zeus yang dikenal oleh Bangsa Yunani akan menjadi Jupiter oleh Bangsa Romawi dan begitu juga yang lainnya. Aku juga belum terlalu paham apakah penentuan “siapa” mereka ini hanya sebatas wilayah atau ada hal yang lain.

Aku juga belum tau apakah seluruh mitologi pada cerita Rick Riordan ini berada di satu dunia / bumi yang sama. Tapi, setelah baca Magnus Chase sepertinya sih sama tapi efek yang dirasakan oleh salah satu mitologi itu tidak terlihat jelas di wilayah mitologi lainnya. Semua mitologi ceritanya mengalami kiamat, berarti sesering apa kiamat itu terjadi di dunia mereka kan? Hahaha bingung lagi deh. Dan apakah hanya Yunani dan Romawi yang memiliki Dewa yang sama tapi julukan yang berbeda? Karena di beberapa mitologi memiliki dewa yang sama “jenisnya” tapi berbeda kekuasaannya. Misalkan pada mitologi Mesir, dewa Matahari atau Ra adalah yang paling kuat, tapi di mitologi Yunani/Romawi Apollo yang dewa matahari bukan termasuk BIG 3 seperti Zeus, Poseidon, Hades. Terlalu membingungkan ya? Hahaha.

Dan apakah akan ada cerita ketika semua bersatu dan melawan musuh yang sama? Kayaknya sih bakal seru yaa… meskipun mungkin bakalan sulit untuk dikabulkan. Mengingat ini bakalan jadi kompleks sekali kisahnya.

Dari buku-buku Rick Riordan aku belajar banyak sekali tentang mitologi-mitologi kuno yang dianut oleh bangsa lain. Tentu aku hanya meyakini dewa-dewa mereka ini sebagai legenda bahkan novel semata saja karena kepercayaanku juga mengatakan hal yang berbeda. Tapi, tidak ada salahnya untuk mempelajari hal-hal ini sekedar untuk menambah informasi atau juga pengetahuan umum belahan dunia lain. Anggap aja sedang belajar sejarah lagi.

Jadi, siapa yang menjadi favoritku? Tentu saja si Percy Jackson! Aku gak tau apakah menjadi buku pertama dan paling terkenal memberikan penilaian sendiri tapi Aku selalu salut dengan kerja keras Percy dan ketekunannya. Sama seperti pahlawan lain dibuku lain, semuanya juga bermula dari nol. Tapi, cerita heroik Percy terasa sangat berbeda dan keren banget. Kalo membaca pahlawan lain ntah kenapa greget sendiri dan terasa banget kekanakannya (karena rata-rata masih pada belasan tahun) yang bikin kesel sendiri sama tingkahnya.  Apalagi ditambah kisah indahnya Percy dan Anabeth haha makin suka deh sama series yang ada Percy nya.

Setelah membaca 5 buku series dari Rick Riordan ini aku sadar bahwa cara penuturan Rick mengenai jalan cerita yang disampaikan terkesan monoton. Aku sebagai pembaca sudah bisa menebak akan seperti apa alur yang dibawakan oleh Rick ini karena pada semua bukunya rata-rata sama cara pembawaannya. Perjalanan yang dirancang juga terkesan terlalu panjang dan memberikan kesan tidak penting meskipun pada akhirnya ternyata penting atau memang gak penting.

Aku bukannya tidak suka dengan cerita yang dipaparkan oleh Rick ini, buktinya aku tetap setia mengikuti semua buku yang dibuatnya, hanya saja seperti yang aku paparkan diatas aku merasakan kemonotonan. Alurnya sudah tertebak, pasti ada perjalanan mencari pahlawan-perjalanan pahlawan (dengan berbagai “quest”nya)-pertempuran besar-end buku sekian-lanjut buku baru. Akan selalu seperti itu, meskipun cerita yang dibawakan berbeda-beda dan tetap seru untuk beberapa kasus tapi aku bisa merasakan kejenuhan itu. Apalagi ini adalah buku series ke-5 yang aku baca dan semuanya seperti itu, sudah tertebak. Aku mengharapkan sih bisa ada alur atau cara penyampaian yang berbeda gitu meskipun cerita yang dibawain beda bahkan mitologi yang dianut pun beda tapi tetap gak bisa menghilangkan kejenuhan itu.

Ini hanya pendapat pribadi aja sih, aku juga tidak akan bisa seperti Rick yang idenya luar biasa keren banget tapi justru karena aku penggemarnya makanya aku bisa menyampaikan ini semua. Buat yang belum pernah ikutin sama sekali buku seriesnya, aku sih saranin banget buat ikutin biar sekalian nambah ilmu juga tentang sejarah-sejarah yang ada di dunia. Lumayan banget deh, selingan di kala bosan juga bisa banget.

Jadi kalo menurut kalian bagaimana? 😊

Post a Comment

2 Comments

  1. Wah, keren! Semua seri mitologinya sudah dibaca. Aku baru selesai yang Percy Jackson. Aku setuju yang bagian monoton, kaka (meski baru satu seri/5 buku tsb). Sering kali bukunya dimulai dengan adegan yang sama: Percy dikejar monster. Lalu selalu ada ramalan. Haha, tapi saat ngebaca pertama kali ada sensasi bahagianya juga sih. Omong-omong, lihat postingan kakak ini, aku jadi terinspirasi untuk membuat rangkuman atau ngebahas buku-buku dalam satu seri yang sama sekaligus. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih karena emang bagus2 sih karangannya Rick Riordan dan bagaikan dunia baru makanya dibaca semua meskipun yaa agak monoton tadi.
      Menurutku juga memang lebih gampang untuk reviewnya langsung satu series jadi lebih luas aja pembahasannya kan :)

      Delete