[REVIEW] THE TRIALS OF APOLLO SERIES - RICK RIORDAN


Kali ini masih dengan series karya Rick Riordan, aku mungkin memang me-review buku-buku yang sudah lama terbit karena waiting list buku yang harus dibaca masih banyak tapi waktunya tidak terlalu banyak yang bisa aku pakai untuk menamatkan buku-buku itu.

Kali ini series yang aku baca mengenai perjalanan Dewa Apollo yang dihukum Zeus atas kesalahannya dan dikirim ke bumi sebagai manusia biasa tanpa kekuatan dewatanya. Apollo harus menyelesaikan misinya dan juga mengabdi kepada seorang demigod muda. Perjalanan Apollo kali ini untuk membebaskan Oracle-Oracle kuno nya yang belum ditahan oleh 3 Kaisar yang telah hidup abadi dan ingin menjadi dewa, sebelum Oracle kuno ini dikuasai oleh Kaisar-Kaisar tersebut.

Dibandingkan dengan Kane Chronicles aku jauh lebih bersemangat baca series ini karena aku merasa familiar dengan istilah-istilah Dewa-Dewi yang diberikan. Pemainnya pun sudah tidak perlu dikenalkan lebih jauh karena sudah diketahui dari series sebelumnya. Apalagi ada tokoh favoritku si Percy Jackson meskipun hanya sebagai pemeran tambahan saja di buku ini tapi tetap menunjukkan kehebatannya.

Terdiri dari 3 buku yang pada masing masing buku menceritakan perjalanan Apollo melawan salah satu Kaisar dan juga membebaskan Oracle Kuno yang telah lama hilang atau terlupakan. Sebelumnya aku ingin menyampaikan kalo mungkin akan sedikit dijabarkan cerita singkat dari buku ini yaa..

Buku pertama menceritakan kisah pertama kali Apollo “dibuang” ke bumi dan bertemu dengan majikannya yang harus dia layani entah sampai kapan bernama Meg yang merupakan anak Demeter sang Dewi Tanaman. Disinilah si Percy muncul meskipun benar-benar sebentar. Nah, Oracle yang harus dicari yaitu Kebun Dodona dengan musuhnya Kaisar pertama yaitu Nero si Buas. Karena, seorang pahlawan membutuhkan ramalan untuk menjalankan misinya maka dari buku inilah nanti kita dapatkan tempat selanjutnya yang harus dituju oleh Apollo.

Buku kedua ini berisikan perjalanan Apollo selanjutnya untuk bertemu Kaisar kedua dan Oracle kuno yang harus dia temukan selanjutnya. Tidak jauh berbeda dengan buku yang pertama, buku kedua juga menceritakan perjalanan Apollo untuk mencari Oracle Kuno kedua dan ada perang antara pihak Kaisar dan pihak Apollo. Jika pada Buku 1 perang terjadi di Perkemahan Blasteran yang dibantu oleh demigod perkemahan, pada buku kedua ini terjadi di Waystation, tempat sakti, dan dibantu oleh Pemburu Arthemis.

Buku ketiga seperti buku sebelum-sebelumnya yang sudah kita ketahui bahwa Apollo pasti akan bertemu Kaisar ketiga dan membebaskan Oracle Kuno lainnya, Sybil.  Mungkin di buku ini Apollo yang benar-benar terancam hidupnya karena Kaisar ketiga bercita-cita menggantikan Apollo sebagai dewa matahari. Buku ketiga ini kita akan berjumpa lagi dengan Grover Underwoo setelah sekian lama menghilang dari peredaran cerita pahlawan Yunani.

Pada awalnya aku mengira buku ini hanya ada 3, tapi setelah membaca yang ketiga aku bertanya-tanya bagaimana kelanjutan dengan Kaisar-Kaisar tersebut dan apakah Apollo bisa kembali ke Olympia? Karena dari 3 buku tersebut, taka da perang langsung dengan Kaisar, hanya dengan antek-anteknya saja dan tak terlihat tanda-tanda bahwa Apollo akan segera kembali menjadi Dewa. Usut punya usut akan ada buku ke-4 yang terbit di bulan September 2019 ini dan itu sepertinya baru terbit di U.S. belum tau untuk versi Indonesianya akan kapan terbitnya.

Tapi, di series perjalanan Apollo ini juga kita kehilangan salah satu demigod pahlawan dari 7 
pahlawan di series Percy Jackson, kalo kalian baca pasti akan tau apa maksudnya. Kaget karena salah satu tokoh besar akan meninggalkan series ini tapi kita lihat saja apa yang akan terjadi nanti di buku ke-4 nya.

Singkat review aja secara garis besar, tipikal penggambaran Rick Riordan tidak berubah dari bukunya yang Percy Jackson, meruntutkan cerita perjalanannya secara rinci dan kompleks yang baru di buku terakhir akan memuncak perang besar yang sesungguhnya. Aku suka dengan penjabaran detil perjalanan ini karena memperluas cerita dan tokoh juga yang bisa kita lihat perkembangan mereka bagaimana. Bikin penasaran sih tentu karena aku bisa tahan mengebut membaca ini karena memang seperti biasa di series ini mampu membawa penasaran kok. Nah untuk ratingnya akan aku kasih 4/5 nih.

Jadi, sambil menunggu buku ke-4 terbit, ayo selesaikan dulu ketiga buku sebelumnya 😊

Series buku The Trials of Apollo (google.com)



Post a Comment

2 Comments

  1. wahh jadi penasaran, tapi kayaknya pengen baca yng percy jackson dlu deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah kalo belom baca series percy jackson dan heroes of olympus harus baca duluuu biar gak bingung sama alur cerita di apollo ini :)

      Delete